Air

Air

Misteri seputar air (H2O) sudah sejak lama diungkapkan. Dari waktu ke waktu sejak jaman purba sampai sekarang ini, sudah banyak disingkapkan misteri yang menyelubunginya. Namun demikian manusia terus mencari dan menemukan misteri lainnya yang masih terus menyelimutinya. Pada saat ini telah banyak diungkapkan misterinya. Beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama akan segera kita pelajari bersama. Statement yang menyatakan bahwa :

Hidrogen + Oksigen = Air

Pernyataan diatas menunjukkan bahwa air dibuat dari hidrogen dan oksigen. Tetapi pernyataan sederhana ini sulit menggambarkannya. Agar lebih kreatif pernyataan tersebut dapat dijelaskan melalui persamaan kimia seperti berikut ini :

2H2 + O2 = 2H2O

Penjelasannya adalah dua buah molekul dari gas hidrogen diatomic direaksikan dengan satu molekul dari gas oksigen diatomic akan menghasilkan dua molekul air. Dengan kata lain bahwa perbandingan antara hidrogen dengan oksigen adalah 2 : 1, perbandingan hidrogen dengan air adalah 1:1 dan perbandingan oksigen dengan air adalah 1:2.

Dalam reaksi pembentukan air di atas juga dihasilkan energi yang jumlahnya mendekati 572 kJ. Persamaan di atas dapat kita tambahkan seperti di bawah ini :
2H2 + O2 = 2H2O + ENERGI
Persamaan reaksi di atas dinamakan reaksi eksothermal, yaitu sebuah reaksi di mana dihasilkan panas. Reaksi kimia semacam ini juga dinamakan reaksi pembakaran.
HIDROGEN sebagai bahan bakar ?
Jawabnya adalah : Ya! Hidrogen merupakan bahan bakar yang baik dan bersih karena yang dihasilkan adalah air murni. Energi yang dihasilkan pun sangat besar, apabila tidak dikontrol dapat menimbulkan ledakan yang dahsyat. Ledakan sebagai konsekuensi di luar control tidaklah perlu ditakuti. Karena ada banyak cara untuk menghindari sehingga energi yang dihasilkan dapat dikontrol dengan sangat baik sekali dan tidak membahayakan. Persoalannya adalah bagaimana menghasilkan gas hidrogen dengan mudah dan murah.
Apakah kita dapat membuat hidrogen dari air ?
Sekali lagi jawabnya adalah : Ya! Tentunya dengan reaksi kimia bolak balik yang sama :
2H2O + ENERGI = 2H2 + O2
Pada reaksi di atas dibutuhkan adanya energi untuk mengubah air menjadi hidrogen dan oksigen. Reaksi semacam ini disebut reaksi kimia endothermal. Pasti akan timbul pertanyaan, apabila untuk menghasilkan hidrogen dari air dibutuhkan energi, persoalannya apakah bahan bakar hidrogen (BBH) cukup ekonomis untuk diproduksi secara massal? Justru inilah yang menjadi tantangan kita bersama saat ini untuk segera menemukan cara memproduksi hidrogen dengan cara murah meriah atau ekonomis. Apabila cara ini dapat ditemukan, barulah BBH dapat memberikan kemaslahatan bagi umat manusia.

Salah satu cara untuk mengkonversi air menjadi hidrogen dan oksigen adalah melalui proses elektrolisa yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya agar reaksi dapat berjalan. Proses dimaksud dapat digambarkan seperti berikut :

 

Elektrolisa Air

Dalam proses elektrolisa energi listrik yang memecah air menjadi hidrogen dan oksigen terjadi secara terus menerus (lingkaran) sesuai dengan hukum thermodinamika. Pada proses ini diperlukan katalisator untuk menyempurnakan proses reaksinya. Katalisator tidak berubah unsure kimianya karena tidak ikut bereaksi. Gambar berikut menjelaskan arus panas (energi) dimaksud :

reaksi Bolak Balik Senyawa Air

Apakah yang dinamakan katalisator? Katalisator adalah senyawa kimia yang fungsinya mempercepat proses reaksi kimia tetapi tidak ikut mengalami perubahan kimia itu sendiri. Jadi senyawa kimia katalisator tetap tidak berubah sebelum, selama reaksi berlangsung dan sesudahnya tetap seperti semula. Katalisator bebas dari akibat reaksi itu sendiri. Oleh karena itu katalisator dapat terus menerus membantu mempercepat terjadinya reaksi.
Katalisator juga bekerja agar energi yang digunakan dapat ditekan serendah mungkin, dalam kasus elektrolisa air :

2H2O + ENERGI = 2H2 + O2
2H2O + KATALISATOR + ENERGI = 2H2 + O2 + KATALISATOR

Perihal Rudyparhusip
be a greatman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: