Listrik Tenaga Angin

Listrik Tenaga Angin

Ketersediaan energi listrik saat ini sudah menjadi masalah nasional, yang dalam kenyataan lapangan masih ditemukan desa atau masyarakat belum menikmati terangnya listrik. Namun sisi lain kapasitas daya sudah melampaui ambang batas maksimal.

Diperlukan langkah proaktip dalam hal pencarian sumber-sumber energi baru, bukan oleh pemerintah atau lembaga yang mengurusinya akan tetapi oleh masyakarakat yang dikelola oleh masyarakat untuk masyakarakat. Salah satu sumber energi yang selama ini terabaikan adalah Tenaga Angin yang tersedia dari alam dan kita dapatkan secara gratiss.

Bila kita menghitung secara kasat mata potensi energi listrik yang bisa dihasilkan Indonesia dapat katakan terbesar se-Asia.Ini adalah perhitungan “eye estimate” dengan jumlah pulah sekian puluh ribu dan sekian ratus ribu kilo meter garis pantai itulah ladang energi angin yang dijamin tak kan bayar dan tak ada habisnya.

Pemanfaatan tenaga angin dapat dilakukan di desa-desa pantai, dengan bermodal barang bekas listrik 500 watt dapat dihasilkan oleh tiap rumahtangga dengan mudah. Caranya menggunakan kipas bekas pendingin radiator sebagai kincir angin dapat menggerakan dinamo listrik kemudian masuk sebagai charger batrey atau accu, atau bisa juga menggunakan step up transformator sebagai penstabil tegangan out put sehingga dapat menghasilkan tegangan konstan 220 V seabagi sumber penerangan dan alat rumahtangga seperti TV, kulkas, Strika , Pompa air dsb.

Itu hanya sebuah ilustrasi pemanfaatan tenaga angin sebagai pembangkit listrik untuk rumahtangga dalam kapasitas kecil dan dengan bahan barang bekas yang murah.

Kemudian apabila kita menghitung sebuah potensi energi listrik dari tenaga angin untuk ukuran modal besar, korporasi atau lembaga resmi dengan target ratusan ribu mega watt itu sangat dimungkinkan.

Perihal Rudyparhusip
be a greatman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: