Pengaruh Endapan Karbon Diatas Piston

1. Endapan karbon yang terjadi diatas kepala torak dapat memperkecil volume ruang kompresi sehingga sangat mempengaruhi naiknya parameter-parameter yang
berhubungan dengan siklus termodinamika dari sebuah motor yang akan mempengaruhi kinerja mesin dan dapat mengurangi daya yang seharusnya di hasilkan mesin tersebut

2. Naiknya harga parameter-parameter dimaksud diatas menyebabkan daya indikator dan daya efektif menjadi besar dengan demikian kinerja mesin menjadi tidak optimal

3. Naiknya daya dapat juga menyebabkan motor menjadi panas sehingga dapat memperpendek umur pakai dari motor tersebut dan mempercepat keausan pada elemen-elemen mesin yang bergerak rotasi dan translasi yang terdapat pada ruang bakar

4.membersihkan bagian kepala torak sangat di perlukan tetapi hal di lakukan cara dengan membuka block silinder menghilangkan kerak karbon pada ruang pembakaran dapat melancarkan ring piston serta kinerja klep-klep yang macet pada mesin bensin dan diesel.. Menghilangkan seluruh kerak karbon dari permukaan piston/sparepart sistem silinder-piston dapat memperpanjang usia mesin dan mengoptimalkan kinerja mesin diesel tersebut dan di bawah ini manfat kebersihan silinder dari endapan karbon
*Memulihkan mobilitas ring piston.
* Mengurangi konsumsi oli.
* Membersihkan silinder dan piston, ruang pembakaran dan klep dari seluruh kontaminan (kerak, karbon, pernis dan tar).
* Menyeimbangkan kompresi dalam silinder.
* Mengurangi knocking mesin.
* Menghilangkan endapan kerak sisa pembakaran pada kepala busi atau busi pijar (diesel).
* Mengurangi emisi gas buang yang berbahaya.
* memperpanjang usia pemakaian mesin
Suara dentingan pada saat ada beban atau putaran dipercepat. disebabkan : bahan bakar beroktan rendah, endapan karbon, waktu penyalaan yang terlalu cepat. Untuk perbaikan : ganti bahan bakar dengan oktan lebih tinggi, bersihkan endapan karbon dan set waktu penyalaan dengan benar
Suara ketukan dari dalam mesin (Knocking), terdengar pada saat sedang berakselerasi. suara ketukan dari dalam mesin (knocking). Knocking disebabkan oleh banyak kerak karbon didalam ruang bakar atau silinder. Kerak karbon terbentuk akibat oli yang masuk ke ruang bakar atau silinder ikut terbakar. Kerak karbon didalam ruang bakar atau silinder turut terbakar saat pembakaran terjadi. Kerak karbon dapat meningkatkan temperatur dan tekanan saat pembakaran yang mengakibatkan terjadinya knocking. Masuknya oli ke ruang bakar merupakan akibat komponen-komponen ruang bakar, misalnya cincin piston, dinding silinder sudah aus dikarenakan pemakaian yang terus menerus dan akibat gesekan. Kerak karbon atau arang yang berada didalam ruang bakar (silinder) dapat di atasi dengan mengganti komponen yang menyebabkan minyak pelumas masuk ke bakar atau komponen yang aus seperti ring torak, bouring silinder dan lain sebagainya. Komponen-komponen yang mengalami keausan seperti ring torak, bouring silinder dapat diperbaiki dan jika ukurannya sudah melebihi atau kurang batas dapat diganti dengan yang baru.
Melakukan perawatan berkala atau tune up secara teratur yaitu sesuai dengan buku petunjuk yang dikeluarkan oleh perusahaan mobil tersebut agar gangguan – gangguan pada mesin seperti tenaga mesin berkurang dapat di minimalisasi. Seluruh komponen didalam mesin merupakan komponen yang saling bergesekan antara yang satu dengan yang lain, yang dapat menimbulkan keausan yang dapat menyebabkan seperti tenaga mesin berkurang atau kerusakan lainnya, maka pergunakan minyak pelumas dengan kualitas yang tepat dan terbaik bagi mesin.

Perihal Rudyparhusip
be a greatman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: