Memeriksa dan Merawat Aki

pemeriksaan aki hendaknya mulai secara fisik, misalnya pada kotak baterai adakah keretakan pada bagian atas, adakah kebocoran,karat,kerusakan tutup pengisian elektrolit,pada pemegang aki dan lain-lain.

pemeriksaan selanjutnya adalah memeriksa elektrolit (jumlah dan berat jenisnya).bila jumlah elektrolit di bawah batas garis minimum harus ditambah H2O murni sampai garis maksimum,untuk mengukur berat jenis elektrolit digunakan hydrometer.

bila disimpulkan bahwa baterai perlu diisi ulang dapat dilakukan dengan alat batery charger selanjutnya baterai dapat digunakan kembali.

bila aki benar-benar tidak berfungsi kembali,maka perlu ganti dengan baterai baru,caranya mula-mula posisi kunci kontak dalam posisi off,selanjutnya buka tutup terminal baterai  terminal negatif(-) dilepas lebih dulu,untuk menghindari korsleting saat mengeluarkan aki dari kotaknya, perhatikan jangan sampai elektrodanya tumpah.

selanjutnya bersihkan kotak baterai itu,bersihkan dari karat/kotoran dan beri pelumas ringan kemudin ambil baterai baru yang spefikasi yang sama atau tergantung kebutuhan,letakkan pada kotak(dudukannya) dalam posisi yang aman dari gunjangan/getaran kemudian pasang terminal positif(+) terlebih dahulu kemudian pasang saluran pernapasan(breather tube),hindari dari tindihan atau terlipat,oleh komponen lain di sekelilingnya terminal positif dan negatif diberi gemuk(grease) guna menghindari karat.

Perihal Rudyparhusip
be a greatman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: